Kajian PPA
Just Focus on Allah

Just Focus on Allah

Just Focus on Allah (JFoA) adalah salah satu pilar penting dalam memahamkan isi materi private class Pola Pertolongan Allah (PPA) yang diajarkan di kelas-kelas offline dan online.

Konsep dan pengertian JFoA ini dibangun atas 5 pilar PPA yang salah satunya adalah memahami makna dari ungkapan Everything Comes from Allah. Ketika kita memahami bahwa segalanya berasal dari Allah, maka sejatinya semua peristiwa dan kejadian yang kita alami adalah manifestasi dari keimanan kita terhadap takdir. 

"...Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu. Dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui" (Q.S. Al Baqarah [2] : 216)

Kesadaran kita akan terbatasnya pengetahuan serta pemahaman kita untuk mengungkap segenap peristiwa yang ada sejatinya mengarahkan kita bahwa ada pesan cinta-Nya yang harus kita baca dan terjemahkan sebelum kita merespon apapun yang terjadi.

Masalah yang datang silih berganti kadang bertumpuk-tumpuk ataupun beragam keinginan yang diharapkan terwujud adalah bentuk lain kasih sayang Allah agar hamba-Nya kembali dan mendekat. Sepertinya mudah untuk diucapkan, namun pada kenyataanya dibutuhkan kejernihan hati untuk bisa menangkap pesan cinta-Nya atas apa yang terjadi.

Ingin tahu lebih lengkap penjelasan 4 pilar PPA lainnya? Simak penjelasannya pada artikel kajian PPA selanjutnya dan untuk sahabat yang ingin mendapatkan pemahaman yang lebih utuh, silakan ikuti PC PPA di kota-kota terdekat dengan sahabat.

Silakan simak nasyid Just Focus on Allah yang dilantunkan oleh trainer-trainer PPA pada tautan ini










Kajian PPA Lainnya
Keputusan Fatwa Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Tentang Wakaf Uang
Keputusan Fatwa Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Tentang Wakaf Uang
Jum'at, 24 November 2017 01:11 WIB
“Wakaf adalah perbuatan hukum seseorang atau kelompok orang atau badan hukum yang memisahkan sebagian dari benda miliknya guna kepentingan ibadat atau keperluan umum lainnya sesuai dengan ajaran Islam” dan “benda wakaf adalah segala benda, baik bergerak atau tidak bergerak yang memiliki daya tahan yang tidak hanya sekali pakai dan bernilai menurut ajaran Islam” (kompilasi Hukum Islam di Indonesia, Bukuk III, Bab I, Pasal 215, (1) dan (4), sehingga atas dasar pengertian tersebut, bagi mereka bukan wakaf uang ( waqf al-nuqud, cash wakaf) adalah tidak sah.
Setelah Mimpi Ini, Imam Syafii Tak Pernah Lupa Hafalan Hadits
Setelah Mimpi Ini, Imam Syafii Tak Pernah Lupa Hafalan Hadits
Kamis, 21 Maret 2019 17:04 WIB
Setelah Mimpi Ini, Imam Syafii Tak Pernah Lupa Hafalan Hadits
MENENTRAMKAN REZEKI
MENENTRAMKAN REZEKI
Kamis, 06 Mei 2021 10:42 WIB
Ketika berkah itu ada.. maka, banyak atau sedikit jadi lapang.. Tapi ketika berkah itu nggak ada.. sedikit atau banyak ujungnya jadi sempit hidup kita..