Peradaban EoA
Apa itu Ekosistem Peradaban EoA

Apa itu Ekosistem Peradaban EoA

Pada kurun waktu satu tahun terakhir pergerakan di komunitas PPA mengalami dinamika yang berkembang pesat, salah satunya adalah tercetusnya ide Peradaban EoA. Tahukah sahabat apa itu Peradaban EOA ?  Mari sahabat kita kenali apa itu Peradaban EoA diawali dengan mengetahui apa Visi dan Misi yang melatarbelakanginya.

Firman Allah dalam Q.S. Ash Shaff [61] ayat 4 :

اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الَّذِيْنَ يُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِهٖ صَفًّا كَاَنَّهُمْ بُنْيَانٌ مَّرْصُوْصٌ

"Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh."

Dilandasi dengan kalam illahi tersebut, dan terwujudnya kesepahaman antara dua induk komunitas yaitu PPA Institute dan Kampus Pengusaha Muslim (KPM) untuk membentuk dan mengembangkan ekosistem dakwah yang lebih besar maka dirumuskanlah arah pergerakan ke depan dengan melahirkan Peradaban EoA. Dua induk komunitas ini melahirkan entitas-entitas baru sebagai wadah pengembangan organisasi.

Ranah pergerakan Peradaban EoA disepakati ada di tiga bagian penting yang saling terkait satu dengan lainnya dan bagian tersebut adalah :
1. Spiritual
Pada ranah pergerakan spiritual, PPA institute dengan program awal Private Class Pola Pertolongan Allah (PPA) memiliki peran sentral sebagai pemercik rasa, menyadarkan serta menguatkan pondasi Tauhid sebagai dasar pergerakan.
2. Finansial
Dimensi Finansial yang menjadi satu bahan bakar penggerak pengembangan dan penguatan kemandirian menjadi peran penting yang dikawal oleh KPM dengan membentuk serta mengembangkan entitas-entitas bisnis.
3. Sosial
Pergerakan sosial yang menjadi wajah peradaban EoA diamanahkan kepada Yayasan Abulyatama Indonesia sebagai lembaga holding sociopreneur dalam menyalurkan serta menghantarkan program-program pemberdayaan kepada masyarakat.

Visi besar yang ingin diwujudkan dengan adanya Peradaban EoA ini adalah Satu sistem terpadu untuk mencetak pribadi-pribadi yang kokoh dan mandiri, mampu memberikan perbaikan dan kontribusi terdepan bagi masyarakat, bangsa, dan negara kesatuan Republik Indonesia serta pada peradaban dunia sesuai dengan potensi terbaik yang diberikan oleh Allah SWT.

Ekosistem peradaban EoA adalah organisasi Misi yang dikelola secara profesional dan sebagai tolok ukurnya diterjemahkan dalam 3 indikator yaitu :
1. Terwujudnya 99 Cahaya Peradaban
2. 50% Penduduk Indonesia adalah alumni PPA dan 1 juta nya Leader Peradaban
3. Ziswaf setara 1000 ton emas per tahun


Indikator peradaban EoA tentunya adalah sebuah capaian panjang yang menjadi impian dari segenap insan Employee of Allah yang hasilnya bisa jadi terwujud dalam kurun waktu yang tidak sebentar. 

Adakah sahabat tergerak untuk menjadi washilah terwujudnya Peradaban EoA ini? 

Simak ulasan selanjutnya mengenai tema Peradaban EoA ini pada artikel lanjutan yang akan dikupas secara bertahap.
 










Peradaban EoA Lainnya
Tempat Pembaringan Kita
Tempat Pembaringan Kita
Jum'at, 21 Mei 2021 11:47 WIB
Tempat pembaringan kita adalah suatu tempat sunyi yang tersembunyi di dalam bumi.. Tempat yang terlihat kecil dan sesak. Beralaskan hamparan tanah dan beratap beberapa lapis papan yang sederhana..
HARUSNYA TENANG 
HARUSNYA TENANG 
Selasa, 31 Oktober 2017 14:28 WIB
HARUSNYA TENANG  Coba deh dalemin tiap kalimat bahkan kata di Al-Qur`an bukan hanya sekedar baca.. Nanti Anda bisa ketemu kenikmatan pesan cinta didalamnya. "Ah.. Males mas" Itulah statement itu muncul karena kita ndak sadar lagi hidup di aturan mainnya siapa.. Kita ngga pernah mikirin pertanyaan ini..
Keputusan Fatwa Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Tentang Wakaf Uang
Keputusan Fatwa Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Tentang Wakaf Uang
Jum'at, 24 November 2017 01:11 WIB
“Wakaf adalah perbuatan hukum seseorang atau kelompok orang atau badan hukum yang memisahkan sebagian dari benda miliknya guna kepentingan ibadat atau keperluan umum lainnya sesuai dengan ajaran Islam” dan “benda wakaf adalah segala benda, baik bergerak atau tidak bergerak yang memiliki daya tahan yang tidak hanya sekali pakai dan bernilai menurut ajaran Islam” (kompilasi Hukum Islam di Indonesia, Bukuk III, Bab I, Pasal 215, (1) dan (4), sehingga atas dasar pengertian tersebut, bagi mereka bukan wakaf uang ( waqf al-nuqud, cash wakaf) adalah tidak sah.